Artikel CeQi Terkini :
Home » , » Pemuda Indonesia Raih Penghargaan Asean Award di Thailand

Pemuda Indonesia Raih Penghargaan Asean Award di Thailand

Pertemuan Hari Pemuda Asean ke-18 (Asian Youth Day Meeting) tahun ini berlangsung di hotel di Bangkok selama lima hari, yakni dari tanggal 17 hingga 21 September kemarin. Ketika itu, delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Kabid Pengkajian, Abri Eko Nurjanto membawa rombongan yang berjumlah enam orang yang terdiri dari Abri Eko Nurjanto, Dwi Agus Susilo, Abhiram, Ayu Hiaysha, Nadya Fadila Saib, dan Lenny.
Acara ini tidak hanya untuk berdiskusi dan membahas masalah-masalah kepemudaan di Asia Tenggara, tetapi juga bertujuan memberikan penghargaan kepada pemuda berprestasi dan organisasi berprestasi tingkat Asia Tenggara. Kali ini, penerima Asean Youth Award untuk Indonesia diwakili oleh Nadya Saib , wirausaha muda dan juga pemberdaya petani bunga di Bandung. Nadya, mojang Bandung lulusan Farmasi ITB ini telah memberdayakan petani bunga di Lembang  untuk mengolah bunga mawar menjadi air mawar yang memiliki nilai jual tinggi. Air mawar inilah yang diolah Nadia lewat usahanya yang bernama Wangsa Jelita menjadi sabun cair natural untuk kelas premium.
Sementara, satu lagi penghargaan bergengsi lainnya yakni penghargaan untuk Pemenang TAYO Asean ke-8  dari Indonesia adalah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang tahun lalu merupakan pemenang Pemilihan Organisasi Berprestasi Tingkat Nasional di Indonesia. IPM adalah organisasi pelajar yang memiliki anggota dan cabang di seluruh provinsi di Indonesia.
IPM yang diwakili Ayu Hiasyah, pengurus PP IPM dan juga mahasiswi UGM, menyampaikan presentasi tentang program young changemaker. IPM berhasil mendidik para pelajar untuk menjadi tokoh perubahan di lingkungannya. Program ini telah berhasil mendidik  60 pelajar menjadi pemuda agen perubahan di sekolah dan kampungnya. Terbukti pemuda yang tercerahkan dapat menjadi tokoh perubahan bagi diri dan lingkungannya.
Presentasi dari delegasi Indonesia mendapat sambutan meriah dari peserta Negara ASEAN lainnya karena aktivitas kepemudaan mereka yang langsung menyentuh kebutuhan pemuda. Setelah presentasi banyak peserta yang mengajak untuk berbagi pengalaman di antara peserta maupun berbagi ide untuk berkolaborasi dalam project selanjutnya.
Penghargaan ini diberikan bersamaan dengan para penerima lainnya dari 10 negara ASEAN lainnya di Impact Exhibition center oleh Deputy of Prime Minister Thailand pada acara Hari Pemuda Thailand pada tanggal 19 September 2012.

 jadiberita.com

Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Coretane Qiwoel - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template