Artikel CeQi Terkini :
Home » , » Bahayanya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Bahayanya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Di jaman modern ini, laptop sudah menjadi perangkat penting dan tak terpisahkan untuk mendukung aktivitas kita. Di saat kita sedang beraktivitas dengan laptop dan kemudian baterai habis, tentu akan repot jika kita harus menghentikan aktivitas kita di laptop untuk mencharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptopnya sambil mengoperasikan laptop. Tetapi di samping itu, banyak sekali timbul opini dari orang-orang bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat yang mengatakan justru kalau bermain laptop lansung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru merusakkan perangkat-perangkat laptop.
Sebenarnya keduanya tidak salah, tetapi perlu di ketahui kalau bermain laptop tanpa menggunakan baterai dan lansung dari listrik justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop lansung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan lansung menuju ke hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yg berlebihan dan mempercepat kerusakan. Selain menyimpan daya, baterai juga menyesuaikan arus yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.
Selain itu, jika terjadi mati lampu dan listrik PLN yang tidak stabil, tentu sangat membahayakan motherboard dan hardisk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan dari pada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal di bandingkan baterai. Lagi pula kinerja baterai latop biasanya akan menurun di usia 2-3 tahun.



Share this article :

12 komentar:

  1. nggak juga,kan sudah ada regulator tegangan listrik,kalaupun rusak itu karna sudah saatnya

    BalasHapus
  2. Kalo menurut saya tidak juga, karna pada dasarnya setiap komponen yg ada pada leptop itu memiliki volt dan tahanan masing2, jadi agak sulit listrik bisa masuk secara berlebih atau arusnya naik turun :)

    BalasHapus
  3. wah yg bnr yg mana ini???jd bingung,ane udah 1taon lebih maen Game online pake laptop tanpa batre,alhamdulilah baek2 sj c >.< ..maklum awam bukan mahasiswa jurusan IT :p

    BalasHapus
  4. Kalo saya sih tetep pake batre dan main laptop sambil terus dicharge.

    BalasHapus
  5. teman saya sering make laptop tanpa baterai, dan hasilnya "laptopnya rusak"

    BalasHapus
  6. Baterai dapat menstabilkan tegangan yg masuk ke laptop karena listrik dari adaptor biasanya mempunyai tegangan diatas tegangan batere. Memang dlm laptop ada regulatornya namun tanpa baterai regulator akan bekerja lebih berat dakam menurunkan tegangan sesuai tegangan laptop. maka ada baiknya baterai dipasang. Jika ingin menggunakan listrik syaratnya adaptor harus mempunyai tegangan stabil yg sm dgn teganan batere (adaptornya khusus buat power supply bukan untuk ngecas)

    BalasHapus
  7. ijin share infonya ya ??? bagus bgt infonya!!

    BalasHapus
  8. dari pengalaman saya selama ini dari berbagai macam laptop.... kesimpulannya laptop yang digunakan sambil di charge a) dengan baterai : awet bahkan digunakan hampir 18 jam setiap hari b) baterai dilepas : motherboard rusak / layar flicker, dll... memang awalnya tidak apa2 cuma setelah pemakaian hampir setahun atau bahkan setengah tahun baru muncul kejanggalan... jadi saya sarankan pakai aja baterainya, lebih baik baterai yang rusak daripada laptop yang mati total...

    BalasHapus
  9. dari pengalaman saya selama ini dari berbagai macam laptop.... kesimpulannya laptop yang digunakan sambil di charge a) dengan baterai : awet bahkan digunakan hampir 18 jam setiap hari b) baterai dilepas : motherboard rusak / layar flicker, dll... memang awalnya tidak apa2 cuma setelah pemakaian hampir setahun atau bahkan setengah tahun baru muncul kejanggalan... jadi saya sarankan pakai aja baterainya, lebih baik baterai yang rusak daripada laptop yang mati total...

    BalasHapus
  10. Jangan lupa, kalo batere laptop dilepas, usahakan tiap 1-2 bulan sekali dicas. Kalo dibiarin abis, sama aja cepet rusak baterenya.

    BalasHapus
  11. jangan keseringan dilepas gan, netbook ane dulu yg hrganya 2jtaan aj rusak MB nya, di srvice hbis 1,5jt. slisih dkit netbooknya kan??. Itu yg bilang Service Center nya. Bukan orang2 sok tau gan.

    BalasHapus

Bagi yang malas pake facebook Silakan tinggalkan dikolom komentar dibawah sini juga boleh...

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Coretane Qiwoel - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template