Artikel CeQi Terkini :
Home » , » Wah,Pakar Pendidikan Jepang Mengkritik Guru Indonesia

Wah,Pakar Pendidikan Jepang Mengkritik Guru Indonesia



foto
Pakar pendidikan asal Jepang mengkritisi sistem dan cara guru mendidik di Indonesia yang dinilainya kurang tepat. Empat pakar pendidikan, Masaaki Sato, Atsushi Tsukui, Rio Suzuki, dan Rie Takahashi menyampaikannya di hadapan ratusan dosen Fakultas MIPA se-Jawa Timur di Universitas Negeri Malang, Kamis 26 April 2012.


"Guru Indonesia kurang inovasi dan improvisasi," kata Masaaki. Kehadiran pakar pendidikan ini merupakan kerja sama pendidikan antara Universitas Negeri Malang dan Japan International Cooperation Agency (JICA).


Menurut para pakar, banyak ditemukan guru yang tak menguasai materi yang diajarkan kepada siswa. Jadi, proses pengajaran di Indonesia tak sesuai dengan metode dan sistem pengajaran. 


“Kegagalan pendidikan lebih banyak disebabkan oleh kesalahan guru yang kurang kreatif dalam mengajar siswanya. Apalagi mengajar materi yang berkaitan dengan sains dan pengetahuan alam,” kata Masaaki.


Untuk itu, perguruan tinggi sebagai pencetak guru diminta mengajarkan sistem pembelajaran yang kreatif. Kreativitas, katanya, merupakan modal utama guru. “Kalau guru tak menguasai materi, bagaimana siswa memahaminya?” ucap Masaaki. 


Dia membandingkan dengan kondisi guru di Jepang yang diutamakan untuk pintar berimprovisasi dan kreatif. Dengan begitu, ilmu lebih mudah ditularkan kepada para siswa. 


Rie Takahashi mengingatkan pentingnya kontribusi orang tua siswa dan lingkungan terhadap keberhasilan belajar siswa. “Pendidikan bukan hanya monopoli tugas pendidik dan guru di sekolah,” katanya.


www.jurnaldunia.com
Share this article :

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Qiwoel Friends

Sarankan CeQi di Google ya

Daftar Isi Blog Terbaru-Terlawas

Yang Sering Dibaca

 
CeQi Blog Supported By :Duniaq Duniamu.com | Asalasah | Maskolis | jadigitu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Coretane Qiwoel - All Rights Reserved
Template Modified by esabi wibowo Design by Maskolis Template